
READING
A.
READING DALAM IELTS
IELTS Reading Test terdiri dari 40 pertanyan, untuk menguji
berbagai keterampilan membaca, misalnya keterampilan Anda dalam menentukan inti
suatu teks, ide-ide utama, detail, membaca sekilas, memahami argumen logis dan
mengenali pendapat, sikap dari tujuan penulis. Pada bagian Reading Test,
terdapat perbedaan antara ELTS Academic dan IELST General Training. Pada IELTS
Academic mencakup tiga teks panjang. yang dapat berupa teks deskriptif dan
faktual hingga diskursif dan analitis. Teks teks tersebut diambi dari buku,
jurnal, majalah dan surat kabar. Sedangkan teks yang ada pada General Training
Reading termasuk teks dari buku, majalah, surat kabar, pemberitahuan, iklan
buku pegangan dan pedoman perusahaan. Reading Test terdiri atas 40 pertanyaan
yang diambil dari 3 bacaan atau teks. Jenis pertanyaan dapat berupa pilihan
ganda, identifikasi informasi, identifkasi pandangan penulis, mencocokkan
informasi, mencocokkan judul, mencocokkan fitur, mencocokkan akhir kalimat,
melengkapi kalimat, melengkapi ringkasan, melengkapi catatan, melengkapi
tabe.melengkapi dagram alur. melengkapi label diagram dan jawaban singkat
pertanyaan.
B.
JENIS SOAL DALAM READING
- Pilhan ganda
Peserta 'tes diharuskan memilh, satu jawaban terbalk dari
empat alternatif A. B. C atau D), atau dua jawaban terbaik dari lima alternatif
(A, B, C, D atau E), atau tiga jawaban terbaik dari tujuh alternatif (A, B, C.
D, E, F atau G).
- Mengidentifikasi informasi
Peserta tes akan diberikan sejumlah penyataan dan ditanya:
'Apakah pernyataan berikut sesuai dengan informasl dalam teks?’ Mereka kemudian
diminta untuk menulis “TRUE” ”FALSE”atau “NOT GIVEN” pada. lembar jawaban
mereka. Anda penting untuk memahamt perbedaan antara FALSE dan NOT GIVEN.
"FALSE' berarti bahwa bagian tersebut menyatakan kebalikan dari pernyatan
yang dimaksud; NOT GIVEN berarti bahwa peryataan tersebut tidak dikonfirmasi
ataupun bertentangan dengan informasi di bagian tersebut. Anda perlu memahami!
bahwa pengetahuan apa pun yang Anda bawa dar luar teks tdak berperan ketika
memutuskan jawaban.
- Mengidentifikasi pandangan/klaim
penulis
Peserta tes akan diberikan sejumlah pernyataan dan ditanya:
'Apakah pernyataan berikut ini sesuai dengan pandangan/klaim penulis? Mereka
diminta untuk menulis 'YES; 'NO' atau 'NOT GIVEN' pada lembar jawaban. Penting
untuk memahami perbedaan antara 'NO dan 'NOT GIVEN' 'NO' berarti pandangan atau
klaim penulis, secara eksplisit tidak setuju dengan peryataan tersebut, yaitu
penulis di suatu tempat mengungkapkan pandangan atau membuat klaim yang
berlawanan dengan yang diberikan dalam pertanyaan; NOT GIVEN berarti bahwa
pandangan atau klaim tidalk dtkonfrmasl ataupun bertentangan. Anda harus
memahami bahwa pengetahuan apa pun yang anda miliki dari luar teks tidak berperan
ketika memutuskan jawaban
- Mencocokkan informasi
Peserta tes diminta untuk menemukan informasi spesifk di
dalam paragraf/bagan teks berhuruf, dan menulis huruf dari paragraf/bagian yang
benar di dalam kotak pada lembar jawaban. Anda mungkin diminta untuk menemukan:
detail spesifik, contoh, alasan, deskripsi, perbandingan, ringkasan,
penjelasan.
- Mencocokkan headings
Peserta tes diberi daftar headings, biasanya didentifikasi
dengan angka Romawi huruf kecil (i,ii,iii dst). Headings akan mengacu pada
gagasan utama paragraf atau bagian teks. Peserta tes harus mencocokkan tajuk
dengan paragraf atau bagian yang benar, yang ditandai menurut abjad. Peserta
ujian menulis angka Romawi yang sesuai di kotak pada lembar jawaban mereka.
Judul akan selalu lebih banyak daripada paragraf atau bagian sehingga beberapa
judul tidak akan digunakan
- Mencocokkan Fitur
Peserta tes diminta untuk mencocokkan serangkaian pernyataan
atau potongan informasi dengan daftar opsi. Pilihannya adalah sekelompok fitur
dari teks, dan diidentifikasi dengan huruf. Peserta tes mungkin, misalnya,
diminta untuk mencocokkan temuan penelitian yang berbeda dengan daftar
peneliti, atau karakteristik dengan kelompok usia, peristiwa dengan periode
sejarah, dan lain lain. Ada kemungkinan bahwa beberapa opsi tidak akan
digunakan, dan opsi lainnya dapat digunakan lebih dari sekali. Instruksi akan
menginformasikan peserta tes jlka opsi dapat digunakan lebih dari satu
kali.dari sekali.
- Mencocokkan akhiran kalimat
Peserta tes diberikan bagian pertama kalimat berdasarkan
teks dan diminta untuk memilih cara terbaik untuk menyelesaikannya dari daftar
opsi yang memungkinkan mereka akan memliki lebih banyak pilihan untuk dipilih
daripada pertanyaan yang ada. Peserta ujian harus menuliskan huruf yang
dipilihnya pada lembar jawaban.
- Penyelesaian kalimat
Peserta tes menyelesaikan kalimat dalam sejumlah kata
tertentu yang diambil dari teks. Mereka harus menuliskan jawabannya dilembar
jawaban. Instruksi akan merperjelas berapa banyak kata/angka yang harus
digunakan peserta tes dalam jawaban mereka, mis.'TIDAK LEBIH DARITIGA KATA
DANIATAU NOMOR dari bagian:'SATU KATA SAJA' atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA,
Jika peserta menulis lebih dari tes jumlah kata yang diminta, mereka akan
kehilangan nilai.
- Melengkapi Ringkasan, catatan, tabel,
bagan alur
Peserta tes diberikan ringkasan dari bagian teks, dan
diminta untuk melengkapinya yang diberikan dapat berupa dengan informasi yang
diambil dari teks. informasi beberapa kalimat teks yang terhubung (disebut
sebagai ringkasan), beberapa catatan (disebut sebagai catatan), tabel dengan
beberapa selnya kosong atau sebagian kosong (disebut sebagai tabel, serangkaian
kotak atau langkah yang dihubungkan dengan panah untuk menunjukkan urutan
kejadian, dengan beberapa kotak atau langkah kosong atau sebagian kosong
(disebut sebagai bagan alur). Ada dua variasi memilih kata dari teks dari jenis
tugas ini. Peserta tes mungkin diminta untuk atau memilih dari daftar jawaban,
Jika kata-kata harus dipilih dari bagian tersebut, instruksi akan memperjelas
berapa banyak kata/angka yang harus digunakan peserta tes dalam jawaban mereka,
misalya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DAN/AtAU NOMOR dari bagian,'SATU KATA SAJA
atau TIDAK LEBIH DAR! DUA KATA: Jika peserta tes menulis lebih dari jumlah kata
yang diminta, mereka akan kehilangan nilai.
- Melengkapi diagram
Peserta tes diharuskan melengkapi label pada diagram, yang
bertubungan dengar deskripsi yang terdapat dalam teks instruksi akan
memperjelas berapa banyak kata/angka yang harus digunakan peserta te dalam
jawaban mereka, misalnya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DANATAU NOMOR dari
bagian'SATU KATA SAJA'atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA; Jika peserta tes menulis
lebih darijumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai. Angka dapat
ditulis menggunakan angka atau kata kata. kata-kata yang dikontrak tidak akan diuji. Kata dengan tanda penghubung di hitung
sebagai kata tunggal. Jawabannya tidak selalu berurutan dalam bagian ini.
Namun, mereka biasanya berasal dari satu bagian daripada keseluruhan teks.
Diagram mungkin dari beberapa jenis mesin, atau bagian dari bangunan atau
elemen lain yang dapat direpresentasikan secara gambar Jenis tugas int sering
digunakan dengan teks yang menjelaskan proses atau dengan teks deskriptif,
- Pertanyaan dengan jawaban singkat
Peserta tes menjawab pertanyaan, yang biasanya berhubungan
dengan informasi faktual tentang rincian dalam teks ini kemungkinan besar
digunakan dengan teks yang berisi banyak informasl faktual dan detail. Peserta
tes harus menuliskan jawabannya dalam bentuk kata atau angka pada lembar
jawaban, Peserta tes harus menulis jawaban mereka menggunakan kata-kata dan
teks, instruksi akan memperjelas berapa banyak kata/angka yang harus dtigunakan
peserta tes dalam jawaban mereka, misalnya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DAN/ATAU
NOMOR dan bagian;'SATU KATA SAJA' atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA Jika peserta
tes menulis lebih dari jumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai.
C. TIPS DAN TRIK MENGHADAPI READING
- Pilih berbagai teks dan gabungkan
membaca untuk belajar dengan membaca untuk kesenangan.
- Habiskan 20-30 menit setiap hari
membaca berbagai teks: artikel surat kabar, blog,buku,majalah. dan
sebagainya,
- Tingkatkan kosakata Anda dengan
mencari kata umum (kata yang sering Anda dengan) di kamus.
- Cobalah berbagai teknik saat
membaca: skim dan pindai teks dengan cepat, jawab pertanyaan secara
mendetai, rangkum gagasan utama
- Pilih topik yang diminati tetapi
juga cobalah membaca teks tentang berbagai topik karena IELTS memilih mata
peləjaran dari berbagai bidang
- Diskusikan beberapa 'teks menarik
dengan teman Anda dan bertukar pikiran dalam bahasa lInggris,
- Cobalah membaca dengan cepat.
Gunakan timer atau stopwatch untuk menilai kecepatan Anda, kemudian dalam
waktu tesebut bagaimana tingkat pemahaman
- Anda akan sebuah
teks.kemudian.cobalah dengan waktu yang lebih cepat dan seterusnya.
- Cobalah membaca teks dengan keras
dan rekam suara Anda
- Biasakan diri Anda dengan gaya
ujian dan berapa lama setiap bagian berlangsung
- Anda perlu
mengembangkanketerampilan untukmenjawab setiapjenis pertanyaan dalam
Reading Test. Pertanyaan dapat berupa selah satu dari berikut ini;
●
Multiple choice
●
Short answer questions
●
Sentence completion questions
●
Notes/ table/ form/summary/ low chart/diagram completion
questions
●
Yes, no, not given or true, false, not given
●
Classication questions
●
Matching
●
Choosing headings
●
Scanning and identifying location of information
●
Labelling a diagram which has numbered parts