Loading...
Publication

READING


A.       READING DALAM IELTS

IELTS Reading Test terdiri dari 40 pertanyan, untuk menguji berbagai keterampilan membaca, misalnya keterampilan Anda dalam menentukan inti suatu teks, ide-ide utama, detail, membaca sekilas, memahami argumen logis dan mengenali pendapat, sikap dari tujuan penulis. Pada bagian Reading Test, terdapat perbedaan antara ELTS Academic dan IELST General Training. Pada IELTS Academic mencakup tiga teks panjang. yang dapat berupa teks deskriptif dan faktual hingga diskursif dan analitis. Teks teks tersebut diambi dari buku, jurnal, majalah dan surat kabar. Sedangkan teks yang ada pada General Training Reading termasuk teks dari buku, majalah, surat kabar, pemberitahuan, iklan buku pegangan dan pedoman perusahaan. Reading Test terdiri atas 40 pertanyaan yang diambil dari 3 bacaan atau teks. Jenis pertanyaan dapat berupa pilihan ganda, identifikasi informasi, identifkasi pandangan penulis, mencocokkan informasi, mencocokkan judul, mencocokkan fitur, mencocokkan akhir kalimat, melengkapi kalimat, melengkapi ringkasan, melengkapi catatan, melengkapi tabe.melengkapi dagram alur. melengkapi label diagram dan jawaban singkat pertanyaan.

 

B.       JENIS SOAL DALAM READING

  1. Pilhan ganda

Peserta 'tes diharuskan memilh, satu jawaban terbalk dari empat alternatif A. B. C atau D), atau dua jawaban terbaik dari lima alternatif (A, B, C, D atau E), atau tiga jawaban terbaik dari tujuh alternatif (A, B, C. D, E, F atau G).

  1. Mengidentifikasi informasi

Peserta tes akan diberikan sejumlah penyataan dan ditanya: 'Apakah pernyataan berikut sesuai dengan informasl dalam teks?’ Mereka kemudian diminta untuk menulis “TRUE” ”FALSE”atau “NOT GIVEN” pada. lembar jawaban mereka. Anda penting untuk memahamt perbedaan antara FALSE dan NOT GIVEN. "FALSE' berarti bahwa bagian tersebut menyatakan kebalikan dari pernyatan yang dimaksud; NOT GIVEN berarti bahwa peryataan tersebut tidak dikonfirmasi ataupun bertentangan dengan informasi di bagian tersebut. Anda perlu memahami! bahwa pengetahuan apa pun yang Anda bawa dar luar teks tdak berperan ketika memutuskan jawaban.

  1. Mengidentifikasi pandangan/klaim penulis

Peserta tes akan diberikan sejumlah pernyataan dan ditanya: 'Apakah pernyataan berikut ini sesuai dengan pandangan/klaim penulis? Mereka diminta untuk menulis 'YES; 'NO' atau 'NOT GIVEN' pada lembar jawaban. Penting untuk memahami perbedaan antara 'NO dan 'NOT GIVEN' 'NO' berarti pandangan atau klaim penulis, secara eksplisit tidak setuju dengan peryataan tersebut, yaitu penulis di suatu tempat mengungkapkan pandangan atau membuat klaim yang berlawanan dengan yang diberikan dalam pertanyaan; NOT GIVEN berarti bahwa pandangan atau klaim tidalk dtkonfrmasl ataupun bertentangan. Anda harus memahami bahwa pengetahuan apa pun yang anda miliki dari luar teks tidak berperan ketika memutuskan jawaban

  1. Mencocokkan informasi

Peserta tes diminta untuk menemukan informasi spesifk di dalam paragraf/bagan teks berhuruf, dan menulis huruf dari paragraf/bagian yang benar di dalam kotak pada lembar jawaban. Anda mungkin diminta untuk menemukan: detail spesifik, contoh, alasan, deskripsi, perbandingan, ringkasan, penjelasan.

  1. Mencocokkan headings

Peserta tes diberi daftar headings, biasanya didentifikasi dengan angka Romawi huruf kecil (i,ii,iii dst). Headings akan mengacu pada gagasan utama paragraf atau bagian teks. Peserta tes harus mencocokkan tajuk dengan paragraf atau bagian yang benar, yang ditandai menurut abjad. Peserta ujian menulis angka Romawi yang sesuai di kotak pada lembar jawaban mereka. Judul akan selalu lebih banyak daripada paragraf atau bagian sehingga beberapa judul tidak akan digunakan

  1. Mencocokkan Fitur

Peserta tes diminta untuk mencocokkan serangkaian pernyataan atau potongan informasi dengan daftar opsi. Pilihannya adalah sekelompok fitur dari teks, dan diidentifikasi dengan huruf. Peserta tes mungkin, misalnya, diminta untuk mencocokkan temuan penelitian yang berbeda dengan daftar peneliti, atau karakteristik dengan kelompok usia, peristiwa dengan periode sejarah, dan lain lain. Ada kemungkinan bahwa beberapa opsi tidak akan digunakan, dan opsi lainnya dapat digunakan lebih dari sekali. Instruksi akan menginformasikan peserta tes jlka opsi dapat digunakan lebih dari satu kali.dari sekali.

  1. Mencocokkan akhiran kalimat

Peserta tes diberikan bagian pertama kalimat berdasarkan teks dan diminta untuk memilih cara terbaik untuk menyelesaikannya dari daftar opsi yang memungkinkan mereka akan memliki lebih banyak pilihan untuk dipilih daripada pertanyaan yang ada. Peserta ujian harus menuliskan huruf yang dipilihnya pada lembar jawaban.

  1. Penyelesaian kalimat

Peserta tes menyelesaikan kalimat dalam sejumlah kata tertentu yang diambil dari teks. Mereka harus menuliskan jawabannya dilembar jawaban. Instruksi akan merperjelas berapa banyak kata/angka yang harus digunakan peserta tes dalam jawaban mereka, mis.'TIDAK LEBIH DARITIGA KATA DANIATAU NOMOR dari bagian:'SATU KATA SAJA' atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA, Jika peserta menulis lebih dari tes jumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai.

  1. Melengkapi Ringkasan, catatan, tabel, bagan alur

Peserta tes diberikan ringkasan dari bagian teks, dan diminta untuk melengkapinya yang diberikan dapat berupa dengan informasi yang diambil dari teks. informasi beberapa kalimat teks yang terhubung (disebut sebagai ringkasan), beberapa catatan (disebut sebagai catatan), tabel dengan beberapa selnya kosong atau sebagian kosong (disebut sebagai tabel, serangkaian kotak atau langkah yang dihubungkan dengan panah untuk menunjukkan urutan kejadian, dengan beberapa kotak atau langkah kosong atau sebagian kosong (disebut sebagai bagan alur). Ada dua variasi memilih kata dari teks dari jenis tugas ini. Peserta tes mungkin diminta untuk atau memilih dari daftar jawaban, Jika kata-kata harus dipilih dari bagian tersebut, instruksi akan memperjelas berapa banyak kata/angka yang harus digunakan peserta tes dalam jawaban mereka, misalya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DAN/AtAU NOMOR dari bagian,'SATU KATA SAJA atau TIDAK LEBIH DAR! DUA KATA: Jika peserta tes menulis lebih dari jumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai.

  1. Melengkapi diagram

Peserta tes diharuskan melengkapi label pada diagram, yang bertubungan dengar deskripsi yang terdapat dalam teks instruksi akan memperjelas berapa banyak kata/angka yang harus digunakan peserta te dalam jawaban mereka, misalnya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DANATAU NOMOR dari bagian'SATU KATA SAJA'atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA; Jika peserta tes menulis lebih darijumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai. Angka dapat ditulis menggunakan angka atau kata kata. kata-kata yang dikontrak tidak akan diuji.  Kata dengan tanda penghubung di hitung sebagai kata tunggal. Jawabannya tidak selalu berurutan dalam bagian ini. Namun, mereka biasanya berasal dari satu bagian daripada keseluruhan teks. Diagram mungkin dari beberapa jenis mesin, atau bagian dari bangunan atau elemen lain yang dapat direpresentasikan secara gambar Jenis tugas int sering digunakan dengan teks yang menjelaskan proses atau dengan teks deskriptif,

  1. Pertanyaan dengan jawaban singkat

Peserta tes menjawab pertanyaan, yang biasanya berhubungan dengan informasi faktual tentang rincian dalam teks ini kemungkinan besar digunakan dengan teks yang berisi banyak informasl faktual dan detail. Peserta tes harus menuliskan jawabannya dalam bentuk kata atau angka pada lembar jawaban, Peserta tes harus menulis jawaban mereka menggunakan kata-kata dan teks, instruksi akan memperjelas berapa banyak kata/angka yang harus dtigunakan peserta tes dalam jawaban mereka, misalnya 'TIDAK LEBIH DARI TIGA KATA DAN/ATAU NOMOR dan bagian;'SATU KATA SAJA' atau 'TIDAK LEBIH DARI DUA KATA Jika peserta tes menulis lebih dari jumlah kata yang diminta, mereka akan kehilangan nilai.

 

C. TIPS DAN TRIK MENGHADAPI READING

  1. Pilih berbagai teks dan gabungkan membaca untuk belajar dengan membaca untuk kesenangan.
  2. Habiskan 20-30 menit setiap hari membaca berbagai teks: artikel surat kabar, blog,buku,majalah. dan sebagainya,
  3. Tingkatkan kosakata Anda dengan mencari kata umum (kata yang sering Anda dengan) di kamus.
  4. Cobalah berbagai teknik saat membaca: skim dan pindai teks dengan cepat, jawab pertanyaan secara mendetai, rangkum gagasan utama
  5. Pilih topik yang diminati tetapi juga cobalah membaca teks tentang berbagai topik karena IELTS memilih mata peləjaran dari berbagai bidang
  6. Diskusikan beberapa 'teks menarik dengan teman Anda dan bertukar pikiran dalam bahasa lInggris,
  7. Cobalah membaca dengan cepat. Gunakan timer atau stopwatch untuk menilai kecepatan Anda, kemudian dalam waktu tesebut bagaimana tingkat pemahaman
  8. Anda akan sebuah teks.kemudian.cobalah dengan waktu yang lebih cepat dan seterusnya.
  9. Cobalah membaca teks dengan keras dan rekam suara Anda
  10. Biasakan diri Anda dengan gaya ujian dan berapa lama setiap bagian berlangsung
  11. Anda perlu mengembangkanketerampilan untukmenjawab setiapjenis pertanyaan dalam Reading Test. Pertanyaan dapat berupa selah satu dari berikut ini;

      Multiple choice

      Short answer questions

      Sentence completion questions

      Notes/ table/ form/summary/ low chart/diagram completion questions

      Yes, no, not given or true, false, not given

      Classication questions

      Matching

      Choosing headings

      Scanning and identifying location of information

      Labelling a diagram which has numbered parts